Ditulis pada tanggal 13 Maret 2015, pada kategori Berita

Studi Eskursi HME FT-UB 2015 berlangsung pada tanggal 9 – 12 Maret 2015. Lokasi tujuan dari studi eskursi kali ini adalah pabrik Pocari Sweat (PT.Amerta Indah Otsuka) yang berlokasi di Pandaan, Pasuruan, Pabrik Sosro (PT.Sinar Sosro) di Gianyar, Bali dan HME Universitas Udayana Bali. Selain mengunjungi pabrik dan Universitas Udayana peserta studi eskursi yang berasal dari angkatan 2011,2012,2013, dan 2014 juga mengunjungi beberapa tempat wisata di Bali yaitu Pantai Pandawa, Pantai Tanjung Benoa, dan Pantai Kuta.

Pada tanggal 9 Maret lokasi pertama yang dikunjungi yaitu pabrik Pocari Sweat peserta studi eskursi diajak mengelilingi pabrik untuk melihat proses pembuatan minuman isotonik “Pocari Sweat” dari mulai awal pembuatan botol hingga pengepakan, tetapi dikarenakan sedang terjadi perawatan rutin makan proses pembuatan hampir tidak dapat dilihat. Setelah mengelilingi pabrik peserta kemudian mengikuti presentasi yang ditayangkan oleh staff perusahaan tak ketinggalan pada akhir acara dilakukan sesi foto bersama.

Kunjungan ke Pabrik Pocari Sweat (PT.Amerta Indah Otsuka), Pandaan, Pasuruan.

Setelah dari pabrik Pocari Sweat bus yang membawa peserta studi eskursi langsung berangkat menuju pulau Bali via pelabuhan Ketapang – Gilimanuk. Keesokan harinya peserta mengunjungi pabrik Sinar Sosro di Gianyar, peserta diajak mengelilingi pabrik untuk mengetahui proses pembuatan minuman “Teh Botol” dari mulai pencucian botol sampai pengepakan. Tak hanya proses pembuatan peserta juga diajak melihat proses pengolahan limbah pabrik, tanya jawab dengan staff pabrik, dan foto bersama.

Kunjungan ke Pabrik Sosro (PT.Sinar Sosro), Gianyar, Bali

Setelah mengunjungi pabrik Sosro, di hari yang sama peserta studi eskursi mengunjungi Teknik Elektro Universitas Udayana. Pada acara ini para peserta bertemu dengan pengurus HME Universitas Udayana dan jajaran dosen Teknik Elektro Universitas Udayana untuk melakukan sharing mengenai program kerja himpunan masing – masing dan tanya jawab, selain sharing dan tanya jawab peserta juga diajak mengeliling laboratorium yang berada di Teknik Elektro Universitas Udayana. Tak lupa pada akhir acara dilakukan foto bersama dan penyerahan vendel sebagai kenang – kenangan.

Kunjungan ke Teknik Elektro Universitas Udayana.

Setelah berkunjung ke Teknik Elektro Universitas Udayana para peserta berangkat menuju kawasan wisata Pantai Pandawa yang terletak di Badung, Bali. Kawasan wisata pantai pandawa merupakan kawasan wisata yang baru saja dibuka untuk umum oleh pemerintah provinsi Bali, dikarenakan masih tergolong baru kawasan pantai ini masih tergolong sepi dan bersih sehingga nyaman untuk dikunjungi. Para peserta menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk menikmati pantai sebelum kembali ke dalam bis untuk melanjutkan perjalanan menuju tempat penginapan. Sesampainya di tempat penginapan para peserta beristirahat untuk kegiatan besok.

Keesokannya para peserta melakukan check-out dari tempat penginapan dan langsung menuju kawasan wisata Pantai Tanjung Benoa yang terletak di Badung, Bali. Di kawasan ini para peserta menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk menikmati beberapa wahana permainan air seperti banana boat, snorkling, dan lain sebagainya. Setelah makan siang para peserta berangkat menuju pusat oleh – oleh Krisna yang terletak dekat dengan Pantai Kuta. Sehabis berbelanja para peserta berangkat menuju toko “Joger Kuta” untuk membeli beberapa oleh – oleh seperti baju, dan lain – lain. Terakhir para peserta menghabiskan waktu di Pantai Kuta sampai waktu Maghrib tiba. Sehabis dari pantai Kuta bis langsung membawa peserta menuju kembali ke Malang melalui rute yang sama ketika keberangkatan, peserta sampai di kampus Universitas Brawijaya pada tanggal 12 Maret pukul 6 pagi dan dipulangkan untuk istirahat. (SM)