Ditulis pada tanggal 23 March 2010, oleh , pada kategori Berita

Universitas Brawijaya baru saja meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro(PTLMH) di desa Bendosari, kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Dipilihnya desa Bendowoso berdasarkan riset Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) desa ini mempunyai potensi air yang potensial yaitu aliran air coban sewu. Aliran Coban Sewu diprediksi tidak akan berhenti sehingga mampu menggerakan turbin PLTMH yang berdaya 5KVA ini. Pembangunan PLTMH ini juga akan memasok listrik sedikitnya 26 KK warga desa Bendosari.

PTLMH ini merupakan milik UB yang ke-2 setelah yang pertama suksesnya pembangunan PTLMH chek Dam V di daerah Blitar yang beroperasi mulai tahun 1997. Pembangunan PTLMH ini merupakan bentuk keseriusan pengabdian dari Fakultas Teknik Universitas Brawijaya kepada masyarakat.

Pembangunan PTLMH ini mengabiskan dana sebesar Rp.125 juta yang berasal dari Ditjen Dikti Kemendiknas, Kampus UB dan swadaya masyarakat. Bertepatan dengan Dies Natalis UB yang ke-47, dihadiri oleh Wakil Bupati Malang (H Rendra Kresna), Rektor UB (Prof Dr Ir Yogi Sugito) dan Dekan Fakultas Teknik UB (Prof Dr Ir Harnen Sulistio MSc) PTLMH yang telah dibangun sejak akhir bulan Desember 2009 ini diresmikan.