Ditulis pada tanggal 6 June 2012, oleh , pada kategori Berita

EECCIS (Electrical Power Electronic Comunication Control Information Seminar) merupakan rangkaian seminar Internasional yang di selenggarakan oleh Teknik Elektro Universitas Brawijaya. EECIS merupakan bagian dari program kegiatan ilmiah di Fakultas Teknik dalam rangka ikut membantu terwujudnya Universitas Brawijaya sebagai salah satu Research University yang kemudian mampu berpotensi untuk menjadi Enterpreneur University. Seminar ini telah sukses dan telah diadakan beberapa kali yaitu pada tahun 2000, 2004, 2006, 2008, 2010. Dan pada tahun 2012 ini EECCIS kembali di selenggarakan tepatnya pada tanggal 30 Mei 2012, bertepat di gedung Dekanat Lantai-2 Universitas Brawijaya. Tema seminar EECIS kali ini adalah “SMART GRID TECHNOLOGY FOR RENEWABLE ENERGY INTERGRATION”. Materi ini di sampaikan oleh dua pemateri, yaitu DR. Ir. Unggul Priyanto, M.S.C dan DR. Eko Fajar Prasetyo, dimana bapak Unggul Priyanto sendiri merupakan salah satu dosen Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Dan EECCIS ini tidak hanya melibatkan para dosen saja sebagai panitia inti tetapi juga para mahasiswa dan mahasiswi teknik elektro ikut serta dalam pelaksanaannya khususnya pada saat hari H.

Seminar ini juga merupakan salah satu wadah untuk diskusi ilmiah, tak heran jika peserta seminar EECCIS ini berasal dari berbagai universitas di Indonesia bahkan juga dari luar negeri. 166 papper peserta dari berbagai negara, Jepang, Malaysia, Singapura, Mesir, Australia dan beberapa negara di Asia dan juga tidak ketinggalan Indonesia ikut di seleksi, hingga mendapatkan beberapa papper yang layak untuk di presentasikan sebagai diskusi ilmiah dalam rangkaian acara EECCIS 2012 ini. Karena merupakan seminar Internasional yang di ikuti oleh berbagai Negara tak heran jika susunan acara dalam seminar ini sangatlah padat, sehingga acara dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berlangsung di gedung dekanat FT-UB dan sesi kedua berlangsung di gedung teknik elektro.

Pada sesi pertama, acara dimulai pada pukul 08.30 dan diawali oleh sambutan dari Ketua Komite Bapak M. Aziz, dilanjutkan oleh sambutan sekaligus pembukaan acara EECCIS 2012 oleh bapak Harnen. Kemudian pembacaan doa dipimpin oleh bapak M. Julius. Setelah rangkaian acara tersebut selesai barulah masuk ke dalam acara inti yaitu penyampaian materi oleh dua pembicara dan disampaikan dalam dua bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris). Materi pertama disampaikan oleh Dr.Ir. Unggul Priyanto M.S.C. Dan materi kedua disampaikan oleh Dr. Eko Fajar Prasetyo mengenai “Pengenalan Teknologi Semikonduktor dan CMOS LSI Design dan Febritation”. Sesi pertama berakhir pada pukul 12.00.

Pada sesi kedua, acara berlangsung pada pukul 13.00 bertempat di Gedung Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Pada sesi ini, acara dibagi menjadi dua kembali yaitu presentasi langsung I dan presentasi langsung II. Inti dari sesi kedua ini adalah presentasi papper oleh para peserta. Sesi kedua berakhir pada pukul 17.00 WIB.