Keberadaan alumni di Universitas Brawijaya dinaungi dalam wadah Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Brawijaya. Dalam struktur organisasi IKA-Unibraw, dibawah kepengurusan pusat ada kepengurusan cabang dan kepengurusan komisariat. Dengan demikian untuk tingkat fakultas teknik, kepengurusannya adalah IKA-Unibraw Komisariat Fakultas Teknik. Sedangkan pada tingkat jurusan, secara organisatoris belum ada wadah formalnya di struktur IKA-Unibraw.

Untuk itu, pada tingkatan jurusan diperlukanya suatu wadah yang bisa membangun jaringan komunikasi dengan kampus sebagai almamater tercinta. Pada era global dan serba sulit ini perlunya sifat saling bergandengan tangan dan mempererat ikatan agar kesulitan yang ada bisa menjadi lebih ringan atau bahkan bisa terselesaikan. Wadah ini diharapkan bisa menambah banyak teman. Bahkan dan ungkapan orang bijak yang mengatakan bahwa banyak teman itu menyehatkan.

Upaya untuk melakukan pendataan alumni sudah lama dilakukan baik oleh alumni yang berada di kampus maupun oleh para mahasiswa, namun hasilnya jauh dari memuaskan. Hal ini terutama disebabkan oleh keengganan para alumni untuk memberikan informasi aktual tentang keberadaan dirinya kepada almamater. Keengganan ini mungkin disebabkan karena mekanisme penyampaian informasi selama ini yang tidak terlalu jelas dan mudah dilakukan. Oleh sebab itu pihak kampus berusaha membuat media yang mungkin lebih mudah bagi para alumni untuk melakukan komunikasi dan trabsfer informasi, baik dengan almamater maupun dengan sesama alumni. Untuk maksud tersebut itulah pihak jurusan beserta beberapa mahasiswa berupaya membangun suatu situs khusus bagi alumni TEUB.