Sesuai dengan kebutuhan pengembangan IPTEK dimana Laboratorium Mikrohidro mendukung kegiatan lapangan Bidang Keahlian/Kosentrasi Teknik Energi Elektrik TEUB, khususnya pada 2 (dua) Sub Bidang Keahlian/Konsentrasi Sistem Daya Listrik dan Mesin-mesin Listrik. Setiap Sub Bidang Keahlian pada Laboratorium Mikrohidro menjalankan aktivitas sesuai dengan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: Kegiatan Pendidikan, Kegiatan Penelitian, dan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat secara terpadu (integrated), menyeluruh (comprehensif) dan berkelanjutan (long term). Karenanya, rencana struktur organisasi Laboratorium Mikrohidro disajikan dalam Gambar 3.

Kepala Laboratorium        : Ir. Teguh Utomo,MT
Pranata Laboratorium       : Mulyadi, ST

Bidang Keahlian                 :

  1. Mesin-mesin Listrik, Koordinator Bidang : Ir. Hery Poernomo, MT
  2. Sistem Daya Listrik, Koordinator Bidang : Ir. Mahfudz Shidiq, MT

 

Pengangkatan jabatan Kepala Laboratorium Mikrohidro TEUB adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Brawijaya Nomor: 023/SK/2012 tentang “Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Laboratorium di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya” serta berdasarkan Surat Tugas dari Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Nomor: 1907/UN10.6/KP/2011

Dalam pengembangan keilmuan serta proses belajar mengajar, masing-masing sub bidang akan dilengkapi dengan komponen mahasiswa yang juga berfungsi sebagai asisten laboratorium yang ada dibawah masing-masing sub bidang. Oleh karena itu ditetapkan pula kelengkapan pengelolaan laboratorium dari unsur mahasiswa.