Fungsi Laboratorium Mikrohidro

Berlandaskan pada Visi, Misi, dan Tujuan dari Laboratorium Mikrohidro, maka fungsi dari Laboratorium Mikrohidro, antara lain :

  1. Laboratorium Mikrohidro digunakan untuk kegiatan PBM (penunjang mata kuliah khususnya untuk kegiatan praktek lapangan)
  2. Laboratorium Mikrohidro digunakan untuk kegiatan penelitian
  3. Laboratorium Mikrohidro digunakan untuk kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat

Mekanisme Kerja Laboratorium Mikrohidro

Penyiapan Sarana dan Ruang (preparation)

Laboratorium Mikrohidro memfasilitasi mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan keilmuan teoritis dan aplikatif. Kegiatan tersebut dapat berupa diskusi, kooordinasi dan praktek lapangan.

 Membangun suasana kerja nyaman (atmosphere)

Kegiatan yang menggunakan fasilitas Laboratorium Laboratorium Mikrohidro harus mengikuti peraturan/ tata tertib yang telah berlaku. Tata terib dalam Laboratorium, antara lain:

  1. Menjaga ketenangan dan kenyamanan
  2. Larangan merokok, makan dan minum
  3. Mahasiswa yang bersangkutan mempunyai kepentingan

Mengembangkan kebijakan pengelolaan (policy)

Kebijakan dalam pengelolaan Laboratorium Mikrohidro mengacu pada keputusan bersama. Adanya kebijakan ini dibuat secara jelas sehingga tujuan dari keberadaan Laboratorium Mikrohidro dapat tercapai.

Membangun keselamatan dan kesehatan kerja (K3 /safety and healthy)

Laboratorium Mikrohidro juga mempunyai resiko dalam suatu kecelakan kerja, sehingga perlu adanya suatu antisipasi. Antisipasi yang dapat dilakukan di Laboratorium Mikrohidro, meliputi: penyiapan peralatan K3 personil (seperti: sepatu boot, topi proyek, tangga aluminium, lampu senter dan sarung tangan), penataan kabel dan alat listrik yang tepat,  penyiapan alat pemadam api ringan (APAR) dan kotak obat.

 Sarana dan Prasarana Laboratorium Mikrohidro

Laboratorium Mikrohidro merupakan laboratorium lapangan TEUB yang berada di Dusun Jari Sukomulyo, Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar yang mempunyai ruang pembangkit tersendiri yang dikenal sebagai PLTM Check Dam V Kalijari. Laboratorium terbagi menjadi dua ruangan, yaitu: ruang pembangkit dan bengkel kerja serta ruang tamu dan diskusi.