Visi dan Misi serta Tujuan dari Laboratorium Mikrohidro berlandaskan pada Visi dan Misi serta Tujuan yang disusun oleh Jurusan TEUB. Visi, Misi dan Tujuan Laboratorium Mikrohidro, antara lain : 

  • Visi

Menjadi Laboratorium yang unggul di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis entrepreneurship, yang berkontribusi pada pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya air untuk membangkitkan daya listrik dengan segala pemanfaatannya melalui pendekatan yang seimbang antara bidang ilmu teknik, social – ekonomi dan ekologi, yang memberikan kontribusi pada internasionalisasi perguruan tinggi.

  • Misi
  1. Menyelenggarakan kegiatan laboratorium yang berbasis entrepreneurship dalam rangka pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya air untuk membangkitkan daya listrik dengan segala pemanfaatannya, yang terpadu (integrated), menyeluruh (comprehensif) dan berkelanjutan (long term), secara teknis maupun non teknis (social – ekonomi dan ekologi).
  2. Menciptakan suasana kegiatan laboratorium yang kondusif dan mampu mendukung kegiatan penelitian yang berkualitas dalam pengelolaan sumber daya air untuk kesejahteraan masyarakat dalam skala regional, nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud tanggung jawab moral institusi khususnya pada bidang pembangkitan daya elektrik dengan segala pemanfaatannya.
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai institusi dalam rangka merespon kebutuhan energi listrik yang bersumber dari sumber daya energy terbarukan (air).
  • Tujuan

Membantu TEUB untuk mencetak Sarjana Teknik yang bertaqwa, berideologi Pancasila serta berjiwa entrepreneur yang memiliki:

  1. Kompetensi Teknik Energi Elektrik pada bidang kajian pembangkitan daya listrik dengan segala pemanfaatannya, yang meliputi: system daya listrik dan mesin-mesin listrik yang Adaptif, Kreatif, ber-Karakter, Cerdas dan Mandiri (AK2CM), serta berwawasan kebangsaan pada lingkup internasional.
  2. Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok multidisiplin dengan memanfaatkan iptek yang sesuai dengan bidang keilmuannya.
  3. Empati terhadap kehidupan dan perubahan masyarakat serta bertanggung jawab terhadap pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.
  4. Daya saing dalam dunia kerja di Teknik Energi Elektrik.
  • Motto Laboratorium Mikrohidro

Motto yang disampaikan oleh Laboratorium Mikrohidro adalah “LAYANANKU ADALAH YANG TERBAIK”.