Profil  profesional   mandiri   mencerminkan     target   kualitas   hasil  pendidikan (outcome) yang dibebankan ke lulusan setelah berkarir dalam profesinya selama 3 (tiga) – 5 (lima) tahun. Profil profesional mandiri Program Studi Sarjana Teknik Elektro     Universitas   Brawijaya  (PSTEUB)   mendasarkan   pada   hasil  analisis kebutuhan  (need Analysis)  industri di lingkungan regional maupun nasional yang memiliki kaitan   sangat  kuat dengan   bidang keilmuan program  studi PSTEUB dengan tetap  mengacu ke   visi-misi UB(Universitas Brawijaya) dan visi-misi PSTEUB.

Profil profesional mandiri PSTEUB memperhatikan kebutuhan  Indonesia sebagai negara   agraris  yang  mengharapkan   pemenuhan  tenaga   profesi  keteknikan dengan  kompetensi  khusus  dibidang  kelektroan,  keelektronikaan, telekomunikasi, otomisasi dan  kontrol serta  komputer  digital    dengan  tetap menjunjung tinggi etika keprofesian. Berdasarkan hal itu, tiga kriteria Profil Profesional Mandir untuk lulusan PSTEUB adalah:

  1. Memiliki   kompetensi    di   bidang    keteknikan,   mampu    bekerja    secara professional,  inovatif dan berperan  aktif dalam pembangunan bangsa.
  2. Memiliki kemampuan  berkomunikasi  yang efektif,  berjiwa  kepemimpinan, dan  berkepribadian luhur pada setiap profesi yang dijalankan.
  3. Memiliki  motivasi  pembelajaran  berkelanjutan  untuk  pengembangan diri.