Single Post

Program Studi (Prodi) Sarjana Jurusan Teknik Elektro (TE), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) terakreditasi Unggul terhitung sejak 6 Oktober 2020 dan berlaku hingga 1 November 2021.

Sejak diberlakukannya Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 1 Tahun 2020, status akreditasi tidak lagi Model A B Cnamun berubah menjadi Unggul, Baik Sekali, Baik, atau Tidak Terkareditasi.

Mekanisme untuk mendapatkan status akreditasi ini pun cukup berbeda. Ada tiga cara yang dapat ditempuh suatu prodi. Pertama, melakukan reakreditasi borang baru dengan 9 kriteria. Kedua, mengajukan tambahan borang menggunakan Instrumen Suplemen Konversi (ISK). Ketiga, menggunakan akreditasi internasional yang diakui Kemendikbud.

Dalam hal ini Prodi Sarjana TEUB menempuh cara ketiga, yaitu dengan mengonversi akreditasi internasional IABEE yang di dapat awal tahun yang lalu.

“Di UB ini prodi S1 Teknik Elektro ini menjadi yang pertama mendapat status Akreditasi Unggul,” tukas Ketua jurusan Teknik Eelektro, Prof. Ir. Hadi Suyono, ST., MT., Ph.D., IPU.

Prestasi ini, lanjutnya, tentunya tak luput dari kerjasama dan dukungan yang baik dari segenap jajaran pimpinan, dosen baik yang aktif maupun purna tugas, tenaga kependidikan, mahasiswa, hinggga alumni, dan tentunya tim taskforce.

“Doa, dukungan, dan kerjasama yang baik dari seluruh pihak diharapkan untuk selalu memberi kebaikan untuk institusi,” ujar Guru Besar Bidang Ilmu Rekayasa Sistem Daya dan Kecerdasan Buatan ini.

Menanggapi prestasi ini, Wakil Dekan Bidang Akademik FTUB, Ir. Ishardita Pambudi Tama, ST.,MT.,Ph.D mengatakan prestasi ini dapat menambah kepercayaan masyarakat khususnya kepada TEUB dan secara umum kepada FTUB.

Selain itu peringkat akreditasi ini sekaligus menjadi pembuktian bahwa prodi Sarjana TEUB telah diakui di mata internasional. Alumni sudah bisa mendaftar di universitas mana saja di luar negeri tanpa harus mengikuti probation/matrikulasi.

Kendati telah mendapatkan Akreditasi Unggul, tidak lantas membuatnya berpuas diri. Ke depan, ujarnya, Fakultas TEknik akan terus meningkatkan kualitas prodi utamanya di tingkat internasional.

“Langkah berikutnya adalah peningkatan kurikulum dan kualitas serta pendampingan untuk jurusan lain menuju akreditasi internasional,” pungkas Ir. Ishardita. (MIC/Humas UB)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian